• --- Dan seterusnya Bila mungkin sobat ingin menambahkan lagi ---

Jumat, 02 Juli 2010

e-KTP, KTP masa depan buat Indonesia

Quote:
Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi Penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kartu ini wajib dimiliki bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin. Anak dari orang tua WNA yang memiliki ITAP dan sudah berumur 17 tahun juga wajib memilki KTP. KTP bagi WNI berlaku selama lima tahun dan tanggal berakhirnya disesuaikan dengan tanggal dan bulan kelahiran yang bersangkutan. KTP bagi WNA berlaku sesuai dengan masa Izin Tinggal Tetap. Khusus warga yang telah berusia 60 tahun dan ke atas, mendapat KTP seumur hidup yang tidak perlu diperpanjang setiap lima tahun sekali.

Spoiler for KTP Standar:


Quote:
Sistem kependudukan melalui e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik merupakan cara baru yang akan ditempuh oleh pemerintah untuk memberikan identitas kepada masyarakat. Nah, pada tahun 2010 mendatang sistem tersebut mulai diberlakukan.

e-KTP memang merupakan cara jitu yang dilakukan pemerintah untuk membangun database kependudukan secara nasional. Dengan menggunakan sistim biometrik yang ada di dalamnya, maka setiap pemiliki e-KTP dapat terhubung kedalam satu database nasional, sehingga setiap penduduk hanya memerlukan 1 KTP saja.

"KTP elektronik menggunakan sistem biometrik atau sidik jari, sehinga setiap warga hanya membutuhkan satu KTP saja yang dapat dihubungkan dengan database nasional,"

Pihak BBPT mengatakan bahwa pemerintah akan segera menerapkan teknologi yang siap pakai tersebut, untuk menggantikan sistem kependudukan konvensional yang sudah ada.


Quote:
Proyek e-KTP dilatarbelakangi oleh sistem pembuatan KTP konvensional di Indonesia yang memungkinkan seseorang dapat memiliki lebih dari satu KTP. Hal ini disebabkan belum adanya basis data terpadu yang menghimpun data penduduk dari seluruh Indonesia. Fakta tersebut memberi peluang penduduk yang ingin berbuat curang terhadap negara dengan menduplikasi KTP-nya. Beberapa diantaranya digunakan untuk hal-hal berikut:

1. Menghindari pajak
2. Memudahkan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota
3. Mengamankan korupsi
4. Menyembunyikan identitas (misalnya oleh para teroris)

Untuk mengatasi duplikasi tersebut sekaligus menciptakan kartu identitas multifungsi, digagaslah e-KTP yang menggunakan pengamanan berbasis biometrik.

Spoiler for :

Spoiler for :

Quote:
Penggunaan sidik jari e-KTP lebih canggih dari yang selama ini telah diterapkan untuk SIM (Surat Izin Mengemudi). Sidik jari tidak sekedar dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti di SIM, tetapi juga dapat dikenali melalui chip yang terpasang di kartu. Data yang disimpan di kartu tersebut telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi tertentu. Proses pengambilan sidik jari dari penduduk sampai dapat dikenali dari chip kartu adalah sebagai berikut:

Spoiler for :

Quote:
Sidik jari yang direkam dari setiap wajib KTP adalah seluruh jari (berjumlah sepuluh), tetapi yang dimasukkan datanya dalam chip hanya dua jari, yaitu jempol dan telunjuk kanan. Sidik jari dipilih sebagai autentikasi untuk e-KTP karena alasan berikut:

Biaya paling murah, lebih ekonomis daripada biometrik yang lain
Bentuk dapat dijaga tidak berubah karena gurat-gurat sidik jari akan kembali ke bentuk semula walaupun kulit tergores
Unik, tidak ada kemungkinan sama walaupun orang kembar
Informasi penduduk yang dicantumkan dalam e-KTP ditunjukkan pada layout kasar berikut:

Spoiler for :

Quote:
Selain tujuan yang hendak dicapai, manfaat e-KTP diharapkan dapat dirasakan sebagai berikut:

1. Identitas jati diri tunggal
2. Tidak dapat dipalsukan
3. Tidak dapat digandakan
4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada

Spoiler for :

Quote:
Struktur e-KTP sendiri terdiri dari sembilan layer yang akan meningkatkan pengamanan dari KTP konvensional. Chip ditanam di antara plastik putih dan transparan pada dua layer teratas (dilihat dari depan). Chip ini memiliki antena didalamnya yang akan mengeluarkan gelombang jika digesek. Gelombang inilah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau tidak. Untuk menciptakan e-KTP dengan sembilan layer, tahap pembuatannya cukup banyak, diantaranya:

1. Hole punching, yaitu melubangi kartu sebagai tempat meletakkan chip
2. Pick and pressure, yaitu menempatkan chip di kartu
3. Implanter, yaitu pemasangan antenna (pola melingkar berulang menyerupai 4. spiral)
5. Printing,yaitu pencetakan kartu
6. Spot welding, yaitu pengepresan kartu dengan aliran listrik
7. Laminating, yaitu penutupan kartu dengan plastik pengaman

Spoiler for 7 Lapis e-KTP:

Spoiler for Isinya e-KTP:

Quote:
Perealisasian dari e-KTP akan segera dilakukan pada tahun 2012. Syukur - syukur bisa lebih cepat. Saat ini e-KTP udah dilaksanakan di 4 desa. Cuma ane lupa desa mana aja. kalo udah inget nanti ane update deh

Quote:
Penampakan e-KTP dari berbagai negara
Spoiler for KTP Belgia:

Spoiler for KTP Reader:

Spoiler for KTP Italia:

Spoiler for KTP Amerika:

Spoiler for KTP Amerika:

Spoiler for KTP Cina:

Spoiler for KTP Inggris:

Spoiler for KTP Kanada:
Spoiler for Komen Kaskuser:
Quote:
Originally Posted by creativegeek View Post
ini baru bagus gan, sekedar info, ane mahasiswa dan waktu ane ngerjain tugas, wawancara masyarakat gitu, katanya sih beliau mantan surveyor, beliau bilang kalau mau nyelesaikan pemerataan kesejahteraan di Indo, salah satu caranya adalah mendata kependudukan dengan bener, salah satunya dg KTP berbasis chip ini gan.. jadi pemerintah juga gak bakal susah kalau mau ngadakan pembangunan yang sesuai dg kondisi masyarakatnya..


akhirnya bakal jadi kenyataan nih
Quote:
Originally Posted by RyOLuV View Post
Ane dukung nih KTP masa depan bginian , menggunakan sistem biometrik / sidik jarinya
Quote:
Originally Posted by rendra aja View Post
bagus gan,,,

soalny buat menghindari pemilih ganda klo pas pemilu,,gak adil kan jdny klo ada banyak org yg punya lebih dari 1 ktp,,,

Quote:
Originally Posted by kousukey View Post
Gilee kalo dibanding ama KTP luar negeri jauh bener ya teknologinya... tapi dengan mahalnya teknologi gitu gak rawan pemalsuan lagi..
 
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4581494

5 komentar:

  1. ID CARD MALAYSIA YG PALING CANGGIH DI DUNIA BISA DIDETEKSI OLEH SATELIT MEREKA SAJA UNTUK WARGANEGARANYA BIARPUN BERADA DILUAR NEGERI, MYKAD MALAYSIA BISA DIGUNAKAN UNTUK SEMUA URUSAN BANK CARD, BAYARAN TOL OTOMATIS, CHECK UP KESEHATAN , DAN BUAT UJIAN DNA SERTA BANYAK LAGI KEGUNAANNYA YG CANGGIH DAN CANTIK MENARIK SEKALI WARNA DAN BENTUKNYA..........INDONESIA KAPAN LAGI?

    BalasHapus
  2. KNAPA INDONESIA TERUS KETINGGALAN ZMN SEH..SAMA NEGARA JIRAN YG KECIL-KECIL ITU??? ORG SUDAH SAMPAI PLANET BIRU KITA BARU TERBONGKOK-BONGKOK MAU KE BULAN HUHHH....KALAU SAYA JADI PRESIDENNYA PASTI SUDAH LAMA SAYA SAINGI NEGARA JIRAN YG SOK BANGET ITU...ANDA TAU NGGAK KALAU MALAYSIA SKRG UDAH PUNYA ID CARD ( MYKAD) YG PALING CANGGIH DI SELURUH DUNIA ...NAH KITA KAPAN LAGI PAK ???????????????????????????

    BalasHapus
  3. PANTAS SAJA MEREKA NGAK HABIS-HBSNYA MELECEHKAN KEDAULATAN NEGARA KITA YG SERING MEREKA GEROGOTI KARENA MEREKA SUDAH JAUH LEBIH MAJU DAN BERANI MAIN API SAMA KITA ..APALAGI SAINGI MALAYSIA KALAHKAN MALAYSIA KITA JUGA BISA LEBIH MAJU DARI MEREKA ...ORG SAMA-SAMA MAKAN NASI KOK , KNAPA TERTINGGAL TERUS SEH......GERAM BANGET .......COBA AJA LIHAT MYKAD MALAYSIA DI...WWW. JABATAN PENDAFTARAN NEGARA MALAYSIA.COM .MY PASTU KAMU SEMUA CEMBURU!!!

    BalasHapus
  4. MALAYSIA HANYA MENGGUNAKAN 1 KARTU SAJA UNTUK KESEMUA URUSAN PEMERINTAHANNYA MAUPUN SWASTA INI KARENA MYKAD MALAYSIA MEMPUNYAI MIKROCIP 64KB, NAH E KTP KITA BARU BRAPA SAJA...KOK MASIH JAUH KETINGGALAN TERUS SEH...SAMA MALAYSIA NEGARA CIPUT ITU???? DAN MYKAD MALAYSIA JAUH LEBIH CANTIK DAN FLEKSIBLE SERTA TIDAK MUDAH RUSAK DAN DIPALSUKAN ORG KARENA IANYA BERLAPISKAN , PLASTIC FIBER DAN BERHOLOGRAM SINAR LASER..NAH E KTP KITA APA YG CANGGIHNYA???

    BalasHapus
  5. SAYA PERNAH MELIHAT WARGA MALAYSIA CARA MEREKA BIKIN MYKAD MALAYSIA YG PALING CANGGIH DI DUNIA ITU, MEREKA SUDAHPUN MEMILIKI SISTEM PERKOMPUTERAN YG SERBA CANGGIH DAN MEMPUNYAI ALAT PENGESAN ID CARD PALSU SEPERTI MESIN KOTAK SBG ALAT PEMBACA MYKAD JADI MEREKA SUDAHPUN MELANGKAH MAJU JAUH KEDEPAN BERABNDING KITA YG BARU BELAJAR MERANGKAK KOK KITA TERUS KETINGGALAN SEH SAMA NEGARA2 JIRAN KITA YG JAUH BIH KECIL DARI NEGARA KITA???

    BalasHapus

Daftar Isi Blog